Jumat, 03 September 2010

mari majukan aceh

Kapal Pesiar dengan 300 Turis Singgahi Sabang



SABANG, TRIBUN - Kapal pesiar MV Amadea yang bertolak dari Phuket, Thailand, pukul 09.22 WIB Rabu (21/4) kemarin, tiba di Sabang. Kapal yang mengangkut 300 turis mancanegara plus 200 anak buah kapal (ABK) itu merapat di Dermaga Pelabuhan BPKS yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari pusat kota Sabang.

Kehadiran kapal berbobot 3.938 death weight ton (dwt) dengan panjang 192,81 meter itu, sudah terpantau dari arah Sabang Fair. Sejumlah warga, termasuk pengemudi becak dan bus yang menanti kedatangan kapal pesiar tersebut, tampak antusias menyambutnya di luar pelabuhan.

Begitu kapal pesiar mewah tersebut sandar di dermaga, pihak perwakilan dari Badan Pengembangan Kawasan Sabang (BPKS) dan Administratur Pelabuhan (Adpel) Sabang, menyematkan kalungan bunga pada Thomas dan Vholin ofisial kapal saat menuruni kapal sebagai ucapan selamat datang.

Kepala Unit Usaha Pelabuhan BPKS, Agussalim MSi, kepada wartawan kemarin menyatakan, pihaknya komit memberikan pelayanan terbaik sebagai pelabuhan bersertifikat International Ship Port Security (ISPS) Code. Pengamanan kapal tersebut digelar secara bersama oleh Komite Keamanan Pelabuhan yang dikoordinir oleh Adpel Sabang.

Seusai proses security clearence dari pihak Adpel, Imigrasi dan karantina kesehatan para turis yang rata-rata sudah berusia lanjut tampak turun ke dermaga. Untuk memudahkan turis, staf Dinas Budpar Sabang dan Sabang Tourism Promotion Board (STPB) membagikan brosur dan peta kepada para turis.

Sementara itu, di dekat tugu depan Kantor Wali Kota juga digelar acara seni yang dihadiri 40-an turis. Sedikitnya ada tiga atraksi kesenian yang disajikan di antaranya, tarian kreasi baru dan seni debus. Para turis tampak terkesima dengan sajian tari-tarian tersebut, meski tidak berlangsung lama.

Selama pagelaran seni berlangsung lalu lintas di Jalan Diponegoro dialihkan ke Jalan Untung Soerapati. Hingga siang kemarin sejumlah turis tampak masih antusias mengunjungi sejumlah obyek wisata seperti kawasan Sumur Tiga dan obyek wisata bersejarah lainnya.

Untuk mencapai obyek wisata itu, pasangan turis memilih naik becak motor dengan tarif antara 5-15 Dolar. Beberapa turis lainnya, tampak asik menyisir jejeran pertokoan di Jalan Perdagangan atau berkeliling Teluk Sabang sambil mengabadikan obyek-obyek yang mereka minati.

MV Amadea merupakan kapal pesiar ketiga yang mengunjungi Sabang sejak 2006 lalu. Sebelumnya, MV Maxim Gorky singgah di Sabang pada 2007, disusul MV Albatross setahun kemudian. Hanya pada 2009, tidak ada kapal pesiar yang singgah di Sabang.

Sumber: Serambinews.com

0 komentar:

Poskan Komentar